Webmaster Tools Submit URL Solusi Cepat Artikel Terindeks

Webmaster Tools Submit URL

Sahabat Blog Tutorial, pada artikel ini saya akan membahas tentang suatu alat milik Google, yang banyak dimanfaatkan oleh para blogger agar artikel atau postingan yang baru dimuat cepat terindeks Google Search Engine. Sebetulnya ini bukan hal baru bagi para blogger di seluruh dunia, tapi nggak menutup kemungkinan ada sebagian yang masih terbilang baru atau belum mengetahui fungsi dan kegunaan dari Webmaster Tools Submit URL.

Namun sebelumnya mari kita bahas sepintas terkait fungsi Webmaster Tools itu sendiri, yang biasa digunakan untuk memberitahu Google akan eksistensi blog milik sahabat. Biasanya hal ini dilakukan supaya blog milik sahabat cepat berada atau terindex di Google, dan berharap ada diposisi pertama. Dengan memanfaatkan fasilitas Webmaster Tools ini, maka keseluruhan isi blog akan dirayapi oleh perayap milik Google. Cukup dengan submit sitemap xml blog kita, maka Google akan mengindeks blog tersebut secepatnya.

Supaya lebih jelas silakan lihat Cara Submit Sitemap Blog ke Webmaster Tools.

Nah, lantas bagaimana solusi cepat agar artikel blog yang baru terindeks Google dalam waktu yang singkat? Sangat mudah dan benar-benar mudah, tapi yang perlu diperhatikan sejauh mana artikel itu perlu secepatnya nongkrong di urutan kesatu pada Google. Apakah informasi tersebut penting, atau sekedar coretan biasa saja yang tidak terlalu jadi prioritas update, seperti halnya website berita ternama.

Jika memang bersikeras alias keukeuh artikel sahabat pingin cepat terindeks google, gunakanlah Webmaster Tools Submit URL yang diperuntukan memberitahu ke Google tentang halaman atau artikel yang baru dimuat. Tentu hal ini sangat diinginkan oleh semua penulis dan pemilik blog, terlebih jika memang artikel tersebut sangat harus diketahui secepatnya oleh publik atau pembaca.

Baik kalau begitu, berikut ini tahapan untuk mempercepat artikel blog terindeks Google.

1. Masuk ke Webmaster Tools Submit URL

2. Isi kolom URL dengan alamat artikel baru yang ingin diindeks, dilanjutkan menceklis captcha.

Solusi tepat agar artikel cepat terindeks oleh Google, dan masuk pada mesin pencarian dalam waktu singkat.


3. Tunggu beberapa menit selagi Google mengindeks artikel.

Jika sudah ada pemberitahuan seperti di gambar, berarti artikel sudah sukses terkirim ke Google.


4. Masuk ke Google Search, dan ketik site:alamatblog(spasi)keyword artikel. Atau bisa dengan mengetikan target kata kunci pada artikel tersebut di kolom pencarian Google.

Gambar ini diambil setelah submit artikel, dengan selisih 8 menit. Jika dikurangi berarti hanya butuh satu menit terindeks Google.
Gambar ini diambil setelah pengambilan gambar nomor 3, dengan selisih waktu 8 menit. Jika dikurangi dengan waktu pengambilan Gambar ini, berarti hanya dalam 1 menit artikel cepat terindeks di Google.


5. Senyum manis, dan selamat artikel anda sudah nongol di mesin pencari Google.


Perlu diperhatikan, harap menunggu beberapa saat setelah artikel di Submit. Jangan terlalu buru-buru dan menganggap artikel belum terkirim, hal ini untuk menghindari dianggap spam oleh Google. Tunggu beberapa menit, kemudian lakukan langkah ke 4 diatas dan nanti juga akan terlihat waktu yang tercantum sebagai acuan berapa menit artikel tersebut masuk ke indeks Google.

Selain cara diatas, sahabat bisa juga memanfaatkan fasilitas Fetch as Google yang terdapat pada fitur Webmaster Tools. Dan jangan lupa lakukan Ping Blog setelah artikel-artikel baru yang dimuat sudah dipublishkan dan di submit URL ke Google.

Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Webmaster Tools Submit URL semoga bermanfaat dan dapat membantu sahabat yang sedang bersusah payah menempatkan artikel baru di posisi pertama pencarian Google.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Webmaster Tools Submit URL Solusi Cepat Artikel Terindeks

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Blog Tutorial
Blog Tutorial Updated at: Februari 29, 2016

4 komentar:

  1. bagus gan infonya kebetulan aku lagi mulai ngeblog dan pengen blogku banyak viewernya makasih infinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba silvi, terima kasih kunjungannya..

      Rajin update blog biar makin banyak pengunjung setia :D

      Hapus
  2. bagus banget gan info nya sangat bermanfaat
    menambah wawasan terus lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kunjungannya gan.. semoga bermanfaat, hati2 kena sandbox jgn terlaku ekstrim hehe..

      Hapus

Demi kemajuan Blog Tutorial Campur Aduk, kritik dan saran sangat dibutuhkan.
Bagi yang ingin dikunjungi, silakan gunakan Name/URL ketika berkomentar.
Usahakan nggak menyimpan link hidup atau mati.

Thanks. ^_^