Wisata Tasikmalaya, Pesona Galunggung

Tasikmalaya. Yang tersirat dalam benak orang dari luar Kota Tasikmalaya, ketika mendengar kata Tasik atau Tasikmalaya, yaitu Gunung Galunggung. Konon kabarnya Tasikmalaya memiliki sejarah yang sangat luar biasa. Kejadiannya sudah lama sekali, tepatnya tanggal 18 Oktober 1882 dan yang terakhir tanggal 5 April 1982, yakni meletusnya anak Gunung Galunggung yang sempat membuat negara tetangga terkena dampak dari letusan Gunung Galunggung, dengan abu vulkaniknya yang membuat langit menjadi gelap terutama di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya.

gunung galunggung meletus, letusan gunung galunggung 1982, detik detik meletusnya gunung galunggung tasikmalaya

Tragedi meletusnya Gunung Galunggung memberikan kenangan pahit yang dialami penduduk Tasikmalaya, terutama daerah yang sangat dekat sekali dengan Gunung Galunggung. Namun, semua itu sudah menjadi sebuah kenangan yang akan menjadi bahan pembicaraan mulut kemulut untuk generasi penerus Kota Tasikmalaya. Tidak hanya kenangan pahit yang dirasakan, akan tetapi ada hal positif yang menjadikan Kota Tasikmalaya terkenal dengan keindahan kawah Gunung Galunggung.

Keindahan kawah Gunung Galunggung menjadi daya tarik Wisata Tasikmalaya yang mempesona, dengan tidak mengesampingkan kenangan pahit beberapa waktu silam. Kawah yang dibentuk dari bekas letusan tersebut, kini menjadi tujuan objek wisata bagi para pecinta keindahan alam, sebagai Pesona Galunggung.

objek wisata kota tasikmalaya, pesona gunung galunggung dan keindahan danau kawah galunggung

Objek Wisata Gunung Galunggung terdapat dua tempat favorit yang sering dikunjungi, yaitu Danau Kawah Gunung Galunggung dan tempat Pemandian Air Panas (Cipanas Galunggung). Dengan rute dari arah pintu masuk gapura, ke kiri untuk menuju puncak Kawah Gunung Galunggung dan ke kanan menuju area pemandian Cipanas Galunggung.

objek wisata tasikmalaya cipanas galunggung, pemandian air panas galunggungdanau kawah akibat letusan gunung galunggung, danau kawah yang indah mempesona

Ada yang kurang jika berkunjung ke Objek Wisata Gunung Galunggung kalau tidak menuju ke puncak Kawah Gunung Galunggung, yang hanya sekedar untuk menikmati pemandangan indah dan pesona Kawah Gunung Galunggung, serta berfoto ria disana. Untuk mencapai kawah Gunung Galunggung, pengunjung harus rela menaiki anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 620 anak tangga. Sedangkan untuk mencapai ke Danau Kawah Gunung Galunggung, harus turun ke kedalaman sekitar 100 meter. Setelah mencapai ke dasar Kawah, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang lebih mempesona lagi serta bisa merasakan dinginnya air danau kawah Gunung Galunggung. Berenang, memancing, berfoto, dan berbagai aktifitas lainnya yang dilakukan untuk sekedar menikmati indahnya pesona Danau Kawah Gunung Galunggung.

untuk mencapai kawah galunggung harus menaiki 620 anak tangga

Tidak hanya Danau Kawah dan Pemandian Cipanas saja yang terdapat di Gunung Galunggung. Sebagai Wisata Tasikmalaya, Pesona Galunggung juga terdapat di Wisata Hutan. Dimana area perhutanan yang cukup luas ini, diberdayakan oleh Perhutani. Kawasan hutan Galunggung berhawa sejuk, udara yang segar dan suasana yang teduh, cocok sekali bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya bersama keluarga untuk sekedar bersantai menikmati keindahan hutan Galunggung, bisa dengan makan bersama (Botram), Ngaliwet dll. Tidak jarang pula ada yang hanya sekedar untuk berkemah dikawasan ini.

Untuk mengakses ke Objek Wisata Gunung Galunggung, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, atau menggunakan fasilitas umum seperti Ojek Motor. Namun tidak sedikit ada juga yang menuju ke kawasan Gunung Galunggung dengan napak tilas, yakni berjalan kaki (termasuk saya pribadi). Ketika tiba di lokasi, pengunjung tidak perlu khawatir dengan area parkir serta sarana prasana di kawasan Galunggung. Di kawasan Objek Wisata Galunggung terdapat area parkir yang luas dan aman, kafe, warung, masjid, arena bermain anak, kolam renang, bak rendam air panas, arena pertunjukan, serta sentra oleh-oleh dan jajanan.


Wisata Tasikmalaya tidak hanya Pesona Galunggung saja, masih banyak Objek Wisata Tasikmalaya yang dapat dikunjungi untuk dinikmati suasana dan keindahannya, seperti; Situ Gede, Situ Sanghiyang, Kampung Naga, Pantai Cipatujah, Karang Tawulan, Pamayangsari, dan beberapa objek wisata lainnya.

Bermula dari sejarah yang tidak menyenangkan, namun membuat Tasikmalaya menjadi sebagai Mutiara Priangan Timur yang terpendam, dengan keindahan Pesona Galunggung dan pesona masing-masing Objek Wisata Tasikmalaya lainnya, yang patut untuk dikunjungi dan dinikmati pesona alamnya.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Wisata Tasikmalaya, Pesona Galunggung

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Blog Tutorial
Blog Tutorial Updated at: Friday, June 14, 2013

25 comments:

  1. Replies
    1. Silakan gan.. wajib didatengin, dijamin sejuk.. hehe..

      Makasih kunjungan dan komentarnya..

      Delete
  2. Koleksi fotonya bagus bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koleksi foto si mbah gan..

      hehehe..


      Thanks kunjungan dan komentarnya..

      Delete
  3. duh saya belum ada kesempatan tuk menjelajahi wisata tasik meski udah tinggal 19 tahun di tasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti coba gan, apalagi malam2 ke galunggung sambil ngaliwet, renang kalo perlu kemping biar pagi2 naik ke kawah..

      Nikmatin suasana pagi yg sejuk..

      Delete
  4. Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga Wisata di Garut bisa mengikuti kepopuleran kota Bandung sehingga bukan hanya Hotel di Bandung yang laku akan tetapi Hotel di Garut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungannya..

      Betul.. mudah2an hotel2 di jawa barat serta wisata nya makin maju dan populer, jgn kota besar aja.. heheh..

      :)

      Delete
  5. thnks sob udah bagi bagi informasi nya .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2..

      makasih atas kunjungannya..

      Delete
  6. Terima kasih atas infonya, semoga bermanfaat artikelnya, sukses selalu, kami tunggu info selanjutnya :)

    ReplyDelete
  7. Kalo pake angkotan umum gmna ya mau kesnaa

    ReplyDelete
  8. galunggung deket kampung euy...
    urang ti pamijahan

    ReplyDelete
  9. wahh jadi pengen kesana saya boleh juga referensi liburan disini juag
    http://jalanjalanedun.blogspot.com/2014/10/taman-riung-gunung.html

    ReplyDelete
  10. saya kebetulan tinggal di tasikmalaya , dan kalo libur suka maen ke gunung galunggung dan banyak banget wisatawan yang datang ..

    ReplyDelete
  11. terus update informasi2 yang menraik dan bermanfaat gan
    terimakasih

    ReplyDelete
  12. senang bisa berkunjung ke blog anda gan
    keren dan bermanfaat sekali info nya
    terimakasih, sukses terus

    ReplyDelete
  13. mantap gan info nya
    dan sangat menarik sekali
    ditunggu update nya

    ReplyDelete
  14. aku orang tasik tapi belom tau galunggung gan,,pengen banget ke sana tapi gak da tmen ,,masa sendiri ke sana ...

    ReplyDelete
  15. mantap gan info nya bagus sekali saya suka dengan info nya

    ReplyDelete
  16. terimakasih atas infonya
    di tunggu info selanjutnya

    ReplyDelete

Demi kemajuan Blog Tutorial Campur Aduk, kritik dan saran sangat dibutuhkan.
Bagi yang ingin dikunjungi, silakan gunakan Name/URL ketika berkomentar.
Usahakan nggak menyimpan link hidup atau mati.

Thanks. ^_^

Mohon Untuk Tidak Membuat SPAM di Komen