Cara Mengamankan Akun Facebook Biar Aman

Blog Tutorial Campur Aduk akan membahas tentang bagaimana Cara Mengamankan Akun Facebook. Bagi sahabat yang pernah kena jahil akun FB milik sahabat, tips ini bisa diterapkan buat menjaga supaya akun Facebook yang baru nggak kena jahil lagi. Tapi kalau belum sempat bikin lagi akun baru, sebetulnya ada cara mudah dan simpel untuk balikin lagi akun Facebook yang dibajak orang.
Sahabat blogger, malam ini

Kalau sahabat blogger ada yang masih bingung bagaimana Cara Mengamankan Akun Facebook Biar Aman, mungkin tips ini bisa dicoba supaya terhindar dari tangan jahil orang-orang yang nggak bertanggung jawab terhadap akun Facebook milik sahabat.
Bagi sahabat yang belum tau bagaimana mereka mengambil alih akun Facebook, lihat tentang Tips Amankan Facebook.
Cara mengamankan akun facebook yang diblokir gara gara tidak aman, berikut ini beberapa cara mengamankan akun facebook biar aman.

Ada beberapa cara mengamankan akun facebook biar aman, antara lain;

1. Hindari penyimpanan data di browser.
Sahabat pasti pernah diingatkan untuk menyimpan username dan password oleh browser yang sahabat pakai buat browsing ketika login facebook. Nah cara terbaik untuk menghindarinya yaitu abaikan saja atau tekan tombol escape di keyboard. Hal ini dilakukan untuk menghindari proses penyimpanan passwors di browser, yang tersimpan di riwayat browser.

2. Hindari kunjungan ke situs yang mencurigakan.
Ini yang harus diperhatikan oleh sahabat, hal ini merupakan direct akses, atau pengalihan link ke situs lain dengan pesan yang sangat menarik, dan membuat sahabat ingin mengklik link yang dikasih oleh orang yang nggak dikenal. Waspadai kalau link yang sahabat tuju tiba-tiba meminta untuk memasukan kembali username dan password facebook. Baiknya cek dulu dibagian address bar, apakah benar menunjukan ke http://www.facebook.com atau URL lain..? Kalau ternyata URL tersebut bukan alamat asli facebook, baiknya hindari untuk melakukan login ulang.

3. Hindari download dan install software sembarangan.
Rasa penasaran manusia itu berbeda-beda, akan tetapi bagi yang rasa penasarannya tinggi, kadang hal apapun pasti dilakukan, termasuk download dan install software sembarangan. Hati-hati dengan aplikasi yang sahabat install sembarangan, jika tidak ingin terjadi gangguan pada komputer sahabat atau pencurian data penting yang sahabat miliki.

4. Gunakan kata sandi / password yang berbeda dengan email akun.
Kenapa harus berbeda, ini adalah cara mengamankan akun facebook biar aman dan bersih. Hal tersebut untuk menghindari fatalnya akun sahabat diambil alih orang lain. Bayangkan saja kalau password akun FB sama dengan akun email yang didaftarkan di facebook, sahabat udah ga bisa ngapa-ngapain lagi kalau hal ini terjadi. Alasan kenapa harus beda yaitu, supaya ketika akun sahabat bermasalah, sahabat masih bisa memulihkannya melalui email yang sahabat gunakan ketika daftar facebook, dijamin akun facebook sahabat bakal kembali ke tangan sahabat.
Perlu diperhatikan bagi sahabat yang daftar facebook memakai email sembarangan dan tidak melakukan verifikasi email. Ini sudah nggak akan tertolong lagi kalau sahabat lupa email, password email dan pertanyaan keamanan untuk lupa password. Harap dicatat dan disimpan ketiga hal-hal tersebut.

Sebetulnya masih banyak yang harus dipaparkan cara mengamankan akun facebook tersebut, tapi untuk saat ini saya jelaskan hanya 4 tahap penting yang harus diperhatikan oleh sahabat. Nex time bakal saya share juga mengenai cara memulihkan akun facebook diblokir.

Mudah-mudahan penjelasan diatas bermanfaat bagi sahabat yang masih belum mengetahui cara mengamankan akun facebook milik sahabat.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Cara Mengamankan Akun Facebook Biar Aman

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Blog Tutorial
Blog Tutorial Updated at: April 09, 2013

15 komentar:

  1. wew trimakasih banyak untuk triknya (y)

    BalasHapus
  2. mantaaab nih, ini dia yg dicari2 haha

    BalasHapus
  3. thank sya gan udah mengingatkan ...

    BalasHapus
  4. makasih gan tutorialnya ... aman dah

    BalasHapus
  5. Makasih informasinya, sering sering aja ganti password secara berkala, itu juga sudah cukup aman kok. Terus kalo mau lebih aman lagi, pake metode verifikasi ke nomor ponsel.

    BalasHapus
  6. kemaren fb saya kena hacker juragan ,pertama saya bingung bagaimana cara biar jangan bisa di hacker orang
    ternyata sudah saya temukan dari juragan ,terima kasih juragan :)

    BalasHapus
  7. mungkin yang paling umum dan sering kejadian itu "ngintip dibalik bahu". jadi orang lagi ngetik diintip dari belakang. ini bisa aja kejadian, terutama kalau buka di tempat2 umum seperti warnet.

    banyak juga yang suka ngasih email-password ke orang lain. misalnya ke pasangan. ini juga resiko karena seandainya nih... putus, itu akun bisa dibajak buat yang enggak2. sering banget kejadian

    BalasHapus

Demi kemajuan Blog Tutorial Campur Aduk, kritik dan saran sangat dibutuhkan.
Bagi yang ingin dikunjungi, silakan gunakan Name/URL ketika berkomentar.
Usahakan nggak menyimpan link hidup atau mati.

Thanks. ^_^