Manfaat Olahraga Saat Puasa

Marhaban Ya Ramadhan.. Seluruh umat muslim di dunia menyambut bulan suci Ramadhan penuh dengan kebahagian yang tiada tara, bagaimana tidak bulan Ramadhan merupakan satu-satunya diantara bulan yang terkandung didalamnya hikmah, ampunan dan berkah dari Allah. Walaupun puasa Ramadhan sudah dijelang separuh bulan, namun segenap umat muslim dunia khususnya Indonesia terus berlomba-lomba meningkatkan amal ibadahnya di bulan yang penuh berkah ini. Berbagai kegiatan banyak dilakukan guna mendapatkan pahala yang berlipat ganda, mulai dari Sholat Tarawih, Tadarus, Pesantren, Bakti Sosial, Buka Bersama Anak Yatim, serta hal positif lainnya yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan.

Amalan-amalan shaleh yang sudah pasti akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda, bukan hal yang tabu untuk dilakukan disaat puasa Ramadhan. Namun disamping hal tersebut, masih terdapat rahasia manfaat puasa Ramadhan yang lain dalam hal kesehatan jasmani selama berpuasa.

Dengan menjalankan ibadah puasa bukan berarti tidak melakukan apa-apa, untuk kebugaran dan kesehatan jasmani selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Seperti halnya di Kota Tasikmalaya, tidak sedikit orang-orang melakukan olahraga disaat berpuasa. Arena olahraga Dadaha, kerap dijadikan pilihan oleh masyarakat Tasikmalaya, untuk melakukan aktifitas olahraga di pagi hari dan sore hari.

rahasia manfaat olahraga ketika sedang berpuasa, olahraga saat puasa
Salah satu foto aktifitas di arena olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya
Tidak semua olahraga harus dilakukan saat berpuasa, ada beberapa olahraga pilihan yang bisa dijadikan referensi untuk dilakukan. Berikut ini beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan selama berpuasa antaralain;

1. Joging, dengan melakukan joging selama berpuasa, sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Joging yang dilakukan dipagi hari tidak akan menimbulkan haus yang berlebihan, hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh masih dalam keadaan segar.

2. Bersepeda, merupakan olahraga alternatif selain joging yang juga dapat dilakukan selama berpuasa. Dengan bersepeda dipagi hari akan menjaga setamina tubuh selama berpuasa.

3. Jalan cepat, bagi yang tidak ingin melakukan kedua hal diatas, jalan cepat termasuk pilihan lain olahraga pagi yang cukup ringan untuk dilakukan ketika berpuasa bersama orang terdekat.

4. Sit up dan push up, olahraga tambahan pagi hari saat puasa. Untuk melengkapi kegiatan olahraga pagi, lakukan sit up atau push up secukupnya agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Olahraga lain yang dapat dilakukan selama puasa dengan intensitas yang cukup berat seperti sepak bola, lari jarak jauh, basket, fitnes, bulutangkis, baiknya dilakukan di sore hari karena kondisi tubuh ketika melakukan olahraga berat akan mengeluarkan kalori yang cukup tinggi, sehingga menimbulkan rasa lelah dan haus.

Sebagian orang tidak menyadari bahwa terdapat rahasia manfaat olahraga selama puasa. Dengan melakukan olahraga setelah sahur dan sebelum berbuka, tubuh akan tetap sehat dan bugar sehingga aktifitas tidak akan menurun walaupun sedang berpuasa. Sebagai pendukung semua kerja sistem dalam tubuh, perbanyak minum air putih ketika berbuka. Banyak minum air putih sangat baik sekali untuk kesehatan dan kebugaran, dimana selain pendukung kerja sistem dalam tubuh, air dapat membantu mengeluarkan toksin serta mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh. Bahkan baru-baru ini, seperti dilansir oleh TerasPos.com berdasarkan hasil penemuan ilmuwan, disinyalir Minum Air Putih Dapat Turunkan Berat Badan.

Hilangkan pemikiran tentang berolahraga saat puasa hanya akan menambah rasa haus, lelah dan lapar. Dengan berolahraga yang tepat dan teratur serta ditunjang dengan mengkonsumsi air putih, tubuh akan terhindar dari rasa lemas serta kebugaran dan kesehatan tetap terjaga.

Jauhkan rasa malas selama berpuasa, guna meningkatkan amal ibadah selama puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini, mulailah berolahraga supaya tetap sehat ketika berpuasa sampai menjelang hari kemenangan Idul Fitri.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Manfaat Olahraga Saat Puasa

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Blog Tutorial
Blog Tutorial Updated at: Juli 28, 2013

12 komentar:

  1. kalo saya main bola sesaat sebelum berbuka puasa. ^_^

    BalasHapus
  2. kalo lagi puasa saya olahraga nya didalam ruangan. :)

    BalasHapus
  3. puasa tetap olahraga, cz itung ngabuburit sama temen2..

    BalasHapus
  4. olahraga di bulan Ramadhan lebih baik jogging dan biking serta dilakukan pada sore hari :)

    BalasHapus
  5. Sekarang sih saya baru mulai jogging dipagi hari tapi kalau pas ramadhan paling ya dikurangin gak sampe terlalu capek biar kuat sampe waktu berbuka :)

    BalasHapus
  6. iya nih...kayanya harus-rajin2 berolahraga nih agar tubuh tetap sehat dan bugar...terima kasih atas informasinya...

    BalasHapus
  7. Izin berkunjung dan menyimak langsung artikelnya gan??

    BalasHapus
  8. maksih ya ats artikelnya sangat bermanfaat tp sy mau tanya,kalau untuk tempat kaos kaki wanita yang koleksinya lengkap di bandung itu dimana ya...
    maaf ya kalau pertanyaannya tidak nyambung dengan artikel

    BalasHapus
  9. kalo saya, jika musim panas suka main layang - layang sebelum berbuka puasa

    BalasHapus
  10. Memang...olahraga pada saat puasa juga harus tetap jalan agar badan bugar dan sehat...jangan dijadikan puasa sebagai alasan...katakan ya untuk hidup sehat...

    BalasHapus
  11. makasih gan artikel nya bermanfaat banget buat yang baca

    BalasHapus
  12. di blog zonapelatih.net juga ada beberapa artikel yang bisa Anda jadikan refrensi tentang beberapa conoth progam latihan ketika berpuasa

    BalasHapus

Demi kemajuan Blog Tutorial Campur Aduk, kritik dan saran sangat dibutuhkan.
Bagi yang ingin dikunjungi, silakan gunakan Name/URL ketika berkomentar.
Usahakan nggak menyimpan link hidup atau mati.

Thanks. ^_^