Akhirnya, Blogger Rilis XML Sitemap

Sahabat blogger Blog Tutorial Campur Aduk, Akhirnya Blogger Rilis XML Sitemap secara diam-diam. Sebenarnya udah beberapa hari kebelakang, cuma baru bisa diakses sekarang-sekarang, jadi saya posting hari ini. Biasanya supaya cepat terindeks Google, sahabat masukin atom.xml ato url RSS Feed ke Google. Nah Blogger Rilis XML Sitemap, sekarang jadi lebih mudah dan ini hanya berlaku untuk Blogspot aja, tidak untuk Custom Domain.

Blogger udah memberikan berbagai macam fitur baru-baru ini, termasuk Tampilan Baru Edit HTML Blogger Blogspot. Yang mana tampilan baru tersebut merupakan interface yang diimplementasikan guna mempermudah para Blogger dalam edit HTML. Dan tanpa sepengetahuan publik, ternyata Blogger Rilis XML Sitemap juga, dan ini sangat-sangat menguntungkan sekali bagi kita, dimana sitemap ini sangat ditunggu-tunggu oleh para Blogger seluruh dunia. Karena sitemap bakal menginformasikan semua URL yang ada di Blog ke mesin pencari. Dan struktur informasi yang dibuat oleh sitemap ini, akan memberika informasi penuh ke perayap mesin pencari, jadi ini keuntungan kita supaya artikel di blog lebih cepat terindeks oleh google.

cara supaya artikel blogspot cepat terindeks oleh google, dengan submit url sitemap blogspot

Setelah Blogger Rilis XML Sitemap, tentu kita harus memasukannya ke Google Webmaster Tools, seperti yang biasa kita lakukan untuk mempercepat artikel terindeks mesin pencari google. Jadi bagaimana cara membuat sitemap tersebut? Ngga usah bingung, santai aja... Blogger akan membuatkan sitemap Blogspot sahabat tersebut. Untuk mengakses sitemap, sahabat tinggal ketikan url blog sahabat dan diakhiri dengan sitemap.xml, contohnya;

http://opoes-on.blogspot.com/sitemap.xml

Bagi Sahabat yang Blog nya udah memakai nama domain sendiri atau custom domain untuk redirect alamat blogspot sahabat, saat ini mungkin harus bersabar menunggu sitemap tersebut dirilis, karena sitemap ini belum dapat digunakan bagi sahabat yang memakai custom domain, jadi mohon bersabar sampai Blogger mengimplementasikan untuk custom domain.

Masukan sitemap ke Webmaster Tools.

Biasanya yang kita gunakan untuk submit ke Webmaster Tools yaitu url Feed atau atom.xml, dengan pembagian feed posting 500. Nah dengan Blogger Rilis XML Sitemap, kita ngga harus menggunakan cara itu lagi, sekarang tinggal masukin sitemap blogspot sahabat, dan semua url di blog sahabat akan terindeks, walapun postingan tersebut udah lebih dari 500 atau 1000 postingan.

Cara submit Sitemap Blogspot dengan sitemap.xml, masuk ke http://google.com/webmaster/tools

submit atau masukan sitemap blogger blogspot ke webmaster tools google
cara submit url sitemap blogspot blogger ke webmaster tool google

Senang sekali Akhirnya Blogger Rilis XML Sitemap, jadi ngga harus repot menggunakan feed url dan atom.xml lagi, cukup submit sitemap.xml blogspot sahabat, dan itu udah mewakili seluruh informasi url yang ada di blogspot sahabat.

Semoga membantu dan bermanfaat.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Akhirnya, Blogger Rilis XML Sitemap

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Blog Tutorial
Blog Tutorial Updated at: April 20, 2013

5 komentar:

  1. Gan XML saya kok error aja yah ;((

    BalasHapus
  2. gan..
    klo ada artikel yang bru di posting gtu,, apa kita kita harus submit lagi yah sitemapnya??
    mohon pncerahannya.. :-)

    BalasHapus
  3. Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. baru tau klo sitemap.xml ada di blooger, thak gan..

    langsung ke tkp.. praktek di blog sendiri hehehe :D

    BalasHapus

Demi kemajuan Blog Tutorial Campur Aduk, kritik dan saran sangat dibutuhkan.
Bagi yang ingin dikunjungi, silakan gunakan Name/URL ketika berkomentar.
Usahakan nggak menyimpan link hidup atau mati.

Thanks. ^_^