Cara Memasang Widget Form Kontak Di Blogger

Sahabat blogger,hari ini Blog Tutorial Campur Aduk akan memberikan informasi yang sudah lama sangat ditunggu-tunggu. Setelah sebelumnya blogger mengeluarkan fitur baru miliknya yaitu Sitemap XML Blogspot. Nah sekarang blogger mengeluarkan lagi fitur barunya sebuah Widget Form Kontak yang dapat ditampilkan di sidebar atau bagian sisi tampilan blog dan dihalaman kontak. Contact Form ini merupakan widget dari blogger, biasanya sahabat blogger selalu menggunakan pihak ketiga untuk membuat form kontak dibagian halaman kontak, termasuk saya pribadi menggunakannya.

Sekarang sudah waktunya untuk menggunakan widget buatan developer blogger, yang saya rasakan lebih simpel dan cepat keterima ke email akun kita. Dibandingkan menggunakan pihak ketiga terkadang suka mengalami masalah dan lama diterima karena gangguan server.

Kenapa harus memakai Contact Form dari Blogger?


Alasan memasang widget form kontak ini menurut saya pribadi sangat ringan dan berguna sekali bagi pengunjung blog untuk berinteraksi lebih lanjut selain di komentar blog. Selain itu, kita tidak perlu menampilkan email tersebut dibagian kontak, jadi cukup menggunakan form kontak ini, sehingga keamanannya lebih terjaga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Pemasangan widget Contact Form blogger lebih mudah dan tidak memerlukan pihak ketiga serta kode khusus untuk memasangnya.

Bagaimana Cara Menampilkan atau Memasang Kontak Di Blogger?


Seperti biasa, sahabat login dulu ke Blogger >> Dashboard, pilih bagian Layout dan kemudian klik Add a Gadget dan pilih More. Sahabat bisa memasangnya di sidebar atau bagian sisi lain sesuai tampilan blog milik sahabat.

cara menampilkan kontak di blogger, memasang contact di siderbar blogspot, menampilkan dan memasang form kontak di blogger

Setelah memilih Contact Form, kemudian Save dan lihat hasilnya.

Sahabat bisa lihat hasilnya seperti yang terdapat di sidebar Blog Tutorial Campur Aduk ini, sangat simpel sekali kan? dan tentunya mudah untuk digunakan.

Setelah sahabat pasang form kontak tersebut, silakan uji widget tersebut dengan mencoba mengirimkan pesan, dan pesan tersebu akan masuk ke akun gmail yang sahabat gunakan untuk membuat blogspot tersebut. Contohnya ada pada gambar dibawah ini.

hasil pesan yang dikirim dari memasang contact form blogger yang baru, form kontak blogger blogspot baru

Sahabat bisa langsung membalas isi pesan tersebut dengan sangat mudah dan aman. Jadi sekarang tidak perlu membuat Contact Form dari pihak ketiga, karena menurut saya widget baru dari blogger ini sangat mudah dan nyaman.

Bagi yang ingin menampilkan Form Kontak tersebut di halaman, silakan sahabat lihat Cara Membuat Contact Form Blogger di halaman blogspot.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Cara Memasang Widget Form Kontak Di Blogger

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Blog Tutorial
Blog Tutorial Updated at: Juli 01, 2013

5 komentar:

Demi kemajuan Blog Tutorial Campur Aduk, kritik dan saran sangat dibutuhkan.
Bagi yang ingin dikunjungi, silakan gunakan Name/URL ketika berkomentar.
Usahakan nggak menyimpan link hidup atau mati.

Thanks. ^_^